Perancah atau Scaffolding

Scaffolding atau biasanya siring disebut sebagai steger ini adalah konstruksi yang biasaya digunakan pada pekerjaan bangunan gedung tinggi. Alat perancah ini diperlukan saat pekerjaan bangunan gedung telah mencapai ketinggian 2 meter, hal ini akan membantu para pekerja untuk menjangkau pekerjaannya. Alat perancah ini juga dapat disebut sebagai work platform sementara.

Scaffolding ini memang memiliki struktur yang sementara sehingga dapat membantu dalampembuatan konstruksi ataupun perbaikan gedung. Alat perancah ini terbuat dari pipa-pipa besi yang dirancang khusus sehingga bisa menopang para pekerja serta material-material yang diperlukan. Dalam suatu proyek sedang atau besar, sebaknya tetap menggunakan alat perancah ini untukmemaksimalkan pekerjaan-pekerjaan para tukang. Apabila dalam suatu proyek tidak menggunakan alat ini maka akan mengulur waktu sehingga biaya yang dikeluarkan akan makin membengkak. Apabila Anda tidak menginginkan hal itu terjadi maka gunakan scaffolding yang berkualitas.
Produk ini terbuat dari bahan yang kokoh dan awet sehingga dapat dipakai dalam beberapa waktu dan proyek-proyek besar Anda. Anda tidak perlu khawatir karena dengan menggunakan alat penopang inimaka keselamatan para pekerja juga lebih aman. Hal itu dikarenakan bahan yang kokoh dan mudah untuk dipijaki. Schaffolding ini juga memiliki fungsi sebagai tempat yang aman untuk bekerja dikonstruksi yang tinggi sehingga dapat melindungi pekerja-pekerja lain dari kemungkinan jatuhnya bahan material ataupun alat berat.

Alat perancah atau schaffolding ini memiliki tiga tipe dasar antara lain seperti supported scaffolds, suspended scaffolds, dan aerial lifts. Pertama, supported scaffolds ini ditopang oleh tiang, serta dilengkapi kaki-kaki, sambungan-sambungan, kerangka-kerangka dan outriggers. Jenis perancah suspended scaffolds ini tergantung dengan tali yang kuat atau lainnya. Selanjutnya, Aerial Lifts merupakan penopang yang mampu mengangkat sehingga seperti “Man Baskets” atau dapat disebut sebagai keranjang manusia. Berikut ini beberapa jenis perancah yang perlu Anda ketahui.

1) Perancah Andang
Perancah Anda ini merupakanjenis perancah yang biasanya dipakai untuk mempermudah para pekerja untuk melakukan pekerjaannya saat telah mencapai 2,5 hingga 3 meter. Jenis perancah ini dibuat dari kayu yang dapat dipindah denga mudah akan tetapi untuk jenis perancah ini kurang membantu dalam proyek besar.

2) Perancah Tiang
Perancah tiang ini adalah jenis perancah yang memiliki kemampuan dalammembantu para pekerja bangunan ketika sudah mencapai ketinggian 3 meter. Perlu Anda ketahuibahwa jenis perancah ini dapat dibuat hingga 10 meter, halini dapat membantu Anda sehingga kebutuhan Anda tercukupi dalam membuat konstruksi bangunan.

3) Perancah Besi Tanpa Roda
Perancah ini memiliki beberapa komponen diantaranya seperti kaki pipa berulir,kusen bangunan, sandaran dobel, sandaran tangga, anak tangga, pinggiran tangga, tiang sandaran tangga, konsol keluar, penopang, konsol penyambung, dan penutup sandaran.

4) Perancah Besi Beroda
Perancah besi beroda ini memiliki bahan dasar dari pipa galvanis. Dengan hal itu mka Anda tak perlu khawatir karena kokoh dan tahan lama. Jenis perancah tersebut bisa dipasang di dalam ruangan ataupun dilapangan. Pada jenis perancah ini sedikit berbeda dengan yang lain karena memiliki bagian-bagian yang telah terbentuk kusen, dengan halini maka pemasangannya lebih mudah.

Demikian ulasan mengenai macam-macam perancah yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai referensi dalammemilih jenis perancah. Selain jenis-jenis perancah yang telah disebutkan masih ada 3 jenis perancah yang tidak kalah bagusnya yakni perancah menggantung, dolken, dan frame.

Leave a Comment