Scaffolding

Scaffolding atau biasanya disebut sebagai steger merupakan peralatan yang dipakai untuk menopang atau juga di sebut perancah. Pada umumnya dipakai sebagai peralatan kerja yang dibuat hanya sementara dan dipakai untuk menopang tenaga kerja. Alat ini biasanya dibutuhkan saat bangunan telah mencapai ketinggian 2 meter karena pekerja sudah tidak bisa menjangkaunya lagi sehingga dibutuhkan alat untuk mencapainya.

Perancah ini memiliki struktur tidak permanen, alat ini tidak hanya untuk menopang para pekerja saja akan tetapi juga material konstruksi yang diperlukan. Umumnya alat tersebut memiliki bentuk sistem modular yang berasal dari pipa atau tabung logam, meskipun begitu juga ada yang memakai bahan-bahan yang lainnya. Bahkan beberapa tempat masih menggunakan bambu sebagai perancah jika dalam skala pembangunan yang kecil.

Scafolding ini terbuat dari pipa besi yang memiliki bentuk yang sedemikian rupa sehingga mampu meopang berat material sekaligus tukang. Kebutuhan scafolding ini biasanya bergantung pada pemilikproyek, hal ini dikaenakan adanya perbedaan biaya pada penggunaanya. Pemakaianalat perancah ini sesungguhnya akanmenghemat biaya dan efisien waktu karena lebih praktis dan para tukang dapat membangun tanpa hambatan. Selain itu, jenis perancah yang menggunakan besi ini juga ramah lingkungan karena tidak akan menghabiskan katu atau bambu yang terlalu banyak. Berikut ini beberapa tipe dasar perancah atau scafolding yang perlu Anda ketahui.

Tipe Dasar terbagi menjadi 3 jenis antralain sebagai berikut:

  • Supprot Scaffolds ini adalah jenis perancah tiang yang dilengkapi pendukung-pendukung lain yaitu sambungan-sambungan, kerangka, kaki-kaki, serta outriggers.
  • Suspended Scaffolds, biasanya tergantung dengan tali ataupun yang lainnya.
  • Aerial Lifts merupakan suatu penopang yang mampu mengangkat keranjang manusia.

Dengan tipe dasar yang beragam tersebut sebenarnya memiliki fungsi yang sama yakni dipakai untuk bekerja yang lebih aman sehingga keselamatan para tukang bisalebih terjamin. Selain itu juga dapat digunakan sebagai pelindung untuk para pekerja yang ada di bawahnya saat ada barang berat atau lainnya yang jatuh dari atas.

Jenis-jenis Perancah

  • Perancah Tiang

Perancah tiang adalah jenis perancah yang biasanya dipakai jika pekerjaan sudah mencapai ketinggian 3meter. Dengan perancah ini, para pekerja dapat mengerjakan bangunan hingga ketinggian 20 meter atau lebih, dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan masing-masing.

  • Perancah besi beroda

Perancah besi roda ini merupakan jenis perancah yang terbuat dari pipa galvanis berkualitas. Biasanya jenis perancah ini dapat dipasang ke dalam ruangan atau di lapangan. Sesuai dengan namanya, perancah ini memiliki roda yang fungsinya akan mempermudah Anda untuk memindahkannya. Perancah ini memang sedikit berbeda dengan perancah pada umumnya karena tiap bagian-bagian dari perancah ini telahterbentuk kusen sehingga lebih mudah pemasangannya.

  • Perancah Besi Tanpa Roda

Perancah besi tanpa roda ini terdiri dari kumpulan kaki pipa yang berulir, penopang, kusen bangunan, tiang sandaran, penguat vertikal, sambungan pasak, papan panggunag, tiang sandaran, penggung datar, penutup sandaran, konsol menyambung dan keluar, pinggiran tangga, danlain sebagainya.

  • Perancah Menggantung

Perancah menggantung merupakanjenis perancah yang biasanya dipakai oleh pekerja untuk memasang internit,pengecatan, finishing, plat beton danlain sebagainya. Dengan perancah ini maka pekerja dapat melakukan apa saja akan tetapi dipakai hanya untuk pekerjaan-pekerjaan di atas saja karena digantung memakai rantai besi atau tali.

  • Perancah Frame

Perancah Frame ini adalah perancah baru yang terbuat dari pipa logam. Dengan perancah ini, para pekerja dapat melakukan kegiatan konstruksi tinggi karena disusun dengan sedemikian rupa sehingga menjadi satu kesatuan dengan ketinggian tertentu yang kokoh.

Perusahaan penyedia scaffolding terpercaya PT. Sukses Artha Mulia